Internal News

Tips Strategi IT di tengah Pandemi

Posted: Jul 29, 2020
by: Vanda Anggi

Pada permulaan tahun 2020, wabah COVID-19 sangat berpengaruh pada ketidakpastian ekonomi pasar global. Karena semua negara sedang melakukan social distancing. Perusahaan saat ini sedang mencari cara terbaik untuk bersahabat dengan wabah dengan cepat, saat ini tepat untuk memikirkan ketidakpastian ekonomi dalam menilai dan mengelola risiko.

Risiko Ketidakpastian Ekonomi

Permintaan konsimen sangat turun, di sector ritel misalnya. Sector ritel harus memotong anggaran besar-besaran dan karyawan jika pasar tidak kunjung membaik. Namun, jika indicator ekonomi menunjukan semakin buruk, memotong lebih awal menjadi strategi terbaik untuk masa depan.
Membuat keputusaan jauh lebih sulit dimasa seperti ini. Bahkan industry keuanganpun juga harus menyesuaikan diri, misalnya tagihan pembayaran gaji vendor dapat menemukan dirinya terlalu besar dari sudut pandang investasi dan infrastruktur jika banyak klien menutup pintu mereka atau memberhentikan sebagian besar tenaga kerja mereka.
Mungkin sulit untuk memprediksi penyebab ketidakpastian, tetapi perusahaan tentu dapat mengidentifikasi aspek bisnis mereka yang akan terpengaruh olehnya. Salah satu bidang terpenting untuk dilihat adalah investasi dalam infrastruktur teknologi.

Dampak IT dari Ketidakpastian Ekonomi

Transformasi digital sangat berhubungan dengan industri jasa keuangan pada investasi IT mereka. Dalam pasar yang semakin kompetitif dan ramai, perusahaan fintech mengandalkan layanan dan solusi inovatif mereka yang digerakkan oleh teknologi untuk menonjol dan memenangkan pelanggan. Salah satu cara untuk berada dipersaingan adalah dengan terus mengandalkan teknologi dan infrastruktur yang ketinggalan zaman.
Sayangnya, berinvestasi dalam solusi fintech itu mahal dan memakan waktu. End Customer mungkin tidak terlalu memikirkan aplikasi perbankan atau portal layanan keuangan yang mereka gunakan untuk mengelola dan mengakses uang, tetapi mereka meminta produk-produk terbaik yang sudah diuji untuk memberikan layanan unggul dan didukung oleh teknologi yang stabil, dapat diandalkan, dan terukur di suatu tempat di belakang layar.

3 Cara Layanan Data Center dan Cloud Dapat Membantu Anda Mengatasi Ketidakpastian Ekonomi

Data Center colocation dan Cloud menawarkan beberapa solusi kepada perusahaan keuangan yang dapat membantu mereka menavigasi periode ketidakpastian ekonomi. Berikut adalah empat keuntungan besar dari Data Center dan Cloud

1. Mengurangi Biaya IT

Sebagai permulaan, colocation dan cloud dapat sangat mengurangi biaya pemeliharaan infrastruktur IT. Dalam masa ketidakpastian ekonomi, mampu mengendalikan biaya sangat penting. Solusi data lokal cenderung sangat tidak efisien dalam hal konsumsi daya dan penggunaan sumber daya. Mengoptimalkan penyebaran IT dalam lingkungan colocation yang hemat energi dapat secara signifikan mengurangi biaya operasi dan juga menghilangkan biaya yang terkait dengan manajemen sehari-hari.

2. Fleksibilitas

Masalah utama dari ketidakpastian ekonomi adalah bahwa hal itu membuat perencanaan IT di masa depan sangat sulit dan berisiko. Jika ekonomi memburuk, perusahaan kemungkinan akan perlu skala untuk mendukung infrastruktur mereka, tetapi jika membaik, mereka perlu skala cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang.
Munculnya teknologi virtualisasi dan layanan cloud membuatnya lebih mudah dan dengan cepat mengakses sumber daya ketika mereka membutuhkannya dan tidak sesaat sebelumnya. Ini memungkinkan mereka untuk merencanakan dengan hati-hati sambil menjaga opsi terbuka untuk skala dengan cepat jika menuntut permintaan untuk itu.

3. Reliability

Dalam masa seperti ini, kualitas layanan IT perlu tetap prima agar dapat melayani customer sebaik-baiknya. Memilih data center ataupun cloud sebaiknya dengan jaminan SLA yang tepat. Contohnya pada industry solusi fintech, pelanggan akan melihat reliability dan stabilitas sebagai pembeda utama karena mereka benar-benar tidak mampu berjuang melalui periode downtime.
Pusat data colocation juga memiliki manfaat untuk dapat mengalokasikan sumber daya untuk membantu pelanggan menangani peningkatan lalu lintas. Solusi ini memastikan bahwa sistem mereka akan tetap aktif dan berjalan sehingga bisnis dapat memanfaatkan setiap peluang potensial sambil menjaga kepercayaan pelanggan mereka yang ada.

4. Kelincahan Cloud

Cloud adalah alternative lain untuk infrastruktur IT, layanan mesin server virtual sangat bisa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Layanan cloud bisa dikatakan hemat, Teknovatus menyediakan cloud tanpa investasi barang dan tenaga kerja. Perusahaan dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan data center.

Teknovatus Data Center menyediakan layanan Private Cage Colocation dan layanan Cloud dengan banyak pilihan untuk membantu Anda di masa seperti sekarang. Dalam hal itu Teknovatus juga didukung dengan adanya layanan Disaster Recovery Center. Teknovatus memiliki SDM kompeten dan profesional dalam bidangnya masing-masing untuk menjamin seluruh layanan diberikan secara maksimal kepada setiap klien. Jaringan Teknovatus juga telah mengantongi sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management Systems.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk teknovaus yang dapat membantu organisasi jasa keuangan Anda mengatasi ketidakpastian ekonomi, Anda bisa hubungi kami klick "Dapatkan Promo Menarik" dibawah ini